Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Kiat Dan Teknik Foto Produk Fashion Yang Efektif Menarik Perhatian Pasar

Teknik foto produk fashion adalah kombinasi dari produk, potret, dan seni rupa fotografi, fotografi produk fashion adalah sebuah genre di mana seni dan perdagangan bertemu. Fotografi fashion beserta produknya  adalah cara seorang fotografer menggunakan mata dan perspektif untuk menuangkan apa yang ingin disampaikan kepada publik melalui selembar foto. 


Inti dari fotografi fashion adalah bercerita. Dan tidak ada batas yang ditemukan dalam mencari cara untuk bercerita. Para fotografer mode yang paling sukses, semua yang mereka jepret memiliki sebuah cerita. Dan bagian terbaiknya adalah, Anda sebagai fotografer produk fashion, dapat melakukannya juga dengan membaca teknik foto produk fashion berikut ini.


Konteks fotografi produk fashion memiliki tujuan yang beragam, mulai dari pemotretan fotografi produk untuk penjualan online hingga pemotretan studio atau foto gaya hidup dari pakaian yang dikenakan (seperti dalam lookbook branded), atau bahkan pemotretan editorial mode kelas atas dengan supermodel dan penata rias. Terlepas dari beragamnya tujuan akhir, kiat-kiat fotografi khusus ini dapat membantu untuk memulai.

Kiat Dan Teknik Foto Produk Fashion

Dijaman yang serba canggih, memasarkan produk secara online memunculkan banyak perkara yang memerlukan solusi. Produk yang dipasarkan tidak serta merta bisa dijual tanpa menarik perhatian masyarakat terlebih dulu.


Produk fashion pun demikian. Begitu banyak potensi konsumen dari sosial media perlu dimaksimalkan dengan membuat konten pemasaran yang menarik melalui fotografi produk fashion. 


Fotografi produk fashion sendiri adalah kombinasi genre fotografi marketing dan style, sehingga cukup unik dan membutuhkan seperangkat keterampilan serta teknik khusus untuk menangkap esensi keindahan fashion serta pesan pemasarannya. 


Bila Anda adalah seorang fotografer profesional atau amatiran yang masih butuh banyak belajar seni fotografi, artikel ini akan membahas beberapa kiat dan teknik foto produk fashion yang penting untuk diketahui.

1. Pahami Konsep Fashion

Begini Kiat Dan Teknik Foto Produk Fashion Yang Efektif Menarik Perhatian Pasar
Ilustrasi fashion product, Sumber: Freepik.com


Sebagai calon fotografer produk fashion, Anda perlu memahami konsep fashion terlebih dahulu, seputar esensi dari model dan keindahan pada gayanya. Untuk menciptakan foto-foto bagus tanpa terkesan jualan, sangat penting untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang fashion, termasuk tren, gaya, dan desain terbaru. 


Ikuti tren mode terbaru dengan menjelajahi majalah mode dan menghadiri peragaan busana. Memahami konsep mode akan membantu Anda menciptakan gambar yang menarik secara visual dan sesuai tren untuk klien Anda.

2. Pencahayaan adalah Kuncinya

Pencahayaan adalah elemen penting dari genre fotografi apapun, tidak terkecuali fotografi marketing serta fashion. Pencahayaan yang tepat dapat menjadi kunci keindahan atau menghancurkan sebuah hasil jepretan, jadi sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang teknik pencahayaan. 


Bereksperimen Lah dengan sumber cahaya alami dan buatan untuk menciptakan suasana dan efek yang berbeda. Gunakan diffuser dan reflektor untuk mengontrol cahaya dan menciptakan bayangan atau sorotan jika diperlukan.

3. Lokasi dan Latar Belakang

Begini Kiat Dan Teknik Foto Produk Fashion Yang Efektif Menarik Perhatian Pasar
Lokasi mendukung dengan latar belakang polos, Sumber: Freepik.com


Lokasi dan latar belakang dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan sebuah foto produk fashion. Pilihlah lokasi dan latar belakang yang melengkapi produk fashion yang difoto. 


Pertimbangkan warna, tekstur, dan mood dari lokasi dan latar belakang ketika memilih lokasi pemotretan. Lokasi dan latar belakang yang indah dapat meningkatkan keseluruhan tampilan dan nuansa foto fashion. Yang demikian juga berlaku jika pemotretan dilakukan di dalam ruangan.

4. Gunakan Properti 

Menggunakan alat peraga adalah cara yang efektif untuk menambah daya tarik dan kedalaman pada sebuah foto fashion. 


Alat peraga yang mendukung produk fashion bisa mencakup apa saja, mulai dari aksesori, perhiasan, dan topi hingga kursi, bunga, dan barang-barang dekoratif lainnya. Alat peraga dapat menambahkan dimensi baru pada foto Anda, membuatnya lebih menarik dan menarik secara visual.


Anda dapat menggunakan dry ice Bekasi untuk menciptakan efek khusus berupa asap.  Fotografi, film dan teater sering memanfaatkan dry ice untuk efek dramatis asap. Sublimasinya menciptakan efek visual yang luar biasa. 

5. Pemilihan Model dan Pose

Begini Kiat Dan Teknik Foto Produk Fashion Yang Efektif Menarik Perhatian Pasar
Model dan pose yang cocok untuk foto produk, Sumber: Freepik.com


Model adalah pusat dari sebuah foto produk fashion, jadi sangat penting untuk memilih model yang melengkapi produk yang hendak dipasarkan. Model sendiri juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang berpose dan merasa nyaman di depan kamera.


Bereksperimen Lah dengan berbagai pose dan sudut untuk mendapatkan foto terbaik. Terlebih bila produk yang dijual adalah outwear.

6. Post Proses

Post proses adalah bagian penting dari proses fotografi mode. Alat pengeditan seperti Lightroom dan Photoshop dapat digunakan untuk menyempurnakan gambar dan memperbaiki kekurangannya. 


Namun, penting untuk tidak melakukan proses pengeditan secara berlebihan, karena hal ini dapat menghasilkan gambar yang tidak realistis dan tidak alami. Gunakan alat bantu penyuntingan secukupnya untuk menciptakan gambar yang terlihat alami yang melengkapi keseluruhan tampilan dan nuansa foto.


Kesimpulannya, menguasai seni fotografi marketing dan fotografi fashion membutuhkan kombinasi kreativitas, keterampilan teknis, dan pemahaman tentang fashion. Dengan mengikuti kiat dan teknik foto produk fashion ini, Anda bisa menciptakan foto-foto fashion yang memukau dan mampu menyampaikan pesan marketing kepada masyarakat. 


Terlebih hari ini, banyak produk dipasarkan dalam kategori fashion seperti ikat pinggang, dompet, kacamata, bahkan tali lanyard. Sehingga, perlu banyak eksperimen dengan pencahayaan, lokasi, properti, dan pose yang berbeda untuk menciptakan gambar yang unik dan menarik secara visual, apapun itu jenis produknya. 


Dengan latihan dan dedikasi, Anda bisa menguasai seni fotografi fashion dan menciptakan gambar yang indah dan tak lekang oleh waktu. Temukan artikel menarik lainnya di website kami. Terima kasih.


Posting Komentar untuk "Begini Kiat Dan Teknik Foto Produk Fashion Yang Efektif Menarik Perhatian Pasar"